Sabtu, 24 Maret 2012

Tomcat :|

Assalamu'alaikum!!!

Selamat bermalam minggu! Maksud gue sabtu malam.

Oke, maaf banget gue belom bisa ngeshare tentang Ghatering di IBF kemarin. Tapi gue bakal bahas soal serangga yang belakangan ini sering membuat orang takut dan panik. "Tomcat."

Sebenarnya gue agak ragu buat ngeposting. Jujur gue takut banget sama serangga-serangga gitu-_- Gak tau kenapa, ngeliat ulet atau cacing aja, gue berasa geli gitu. Seakan-akan ulat atau cacing itu hinggap di kaki gue.

Tapi, gue memberanikan diri karena mungkin postingan ini bakal ada artinya buat kalian :D Oke, sebelum gue mulai, gue mau kasih tau, kalo info-info ini gue dapatkan sebagian dari google dan sebagian gue denger di berita. Ayo!

Tomcat, serangga ini sebenarnya udah ada dari dulu dan juga udah gak asing lagi bagi masyarakat Indonesia di beberapa daerah. Beberapa daerah menyebutnya 'Semut Kanai' atau 'Semut Kayap'. Tomcat sebenarnya berasal dari sebuah merek di luar negeri. Ciri-ciri Tomcat adalah kepalanya berwarna hitam, dada dan perutnya berwarna oranye dan sayapnya berwarna kebiruan.

Tomcat sebenarnya menguntungkan para petani. Karena ia memakan hama-hama wereng di persawahan. Menurut gue, mungkin dia mengganggu karena populasinya bertambah. Bertambah karena cuaca ekstrem.

Oke, gue bakal kasih beberapa tips untuk menghindari serangan Tomcat:
1. Kalo bertemu sama serangga ini, jangan sekali-sekali di pencet, karena racunnya dapat mengenai kulit. Masukin ke plastik, abis itu dilepaskan di alam bebas.

2. Kalo populasinya banyak, bisa di semprot pake insektisida botani berbahan tumbuhan.

Gue juga punya tips untuk pertolongan pertama kalo lo terkena racun Tomcat:
1. Kalo tangan lo kena racun Tomcat, segera bilas dengan air antiseptik. Dan, setelah itu lo bisa berobat ke dokter, takut serangan racunnya meluas.

2. Kalo pada bagian mata, sama, lo cuci dulu dengan air. Kalo membengkak, lo bisa kompres dengan air dingin.

Sekian tips gue tentang Tomcat, semoga tips itu bisa berguna buat kalian. Yaa... paling tidak buat menambah wawasan aja :) Kalo gue salah, ya mohon maaf.

Gue harap Tomcat gak bakal meluas dan segera menghilang dari rumah-rumah penduduk di Jawa Timur dan daerah lainnya. Dan semoga yang terkena serangan Tomcat, dapat bersabar dan lekas sembuh. Gue yakin ini semua cobaan yang diberikan untuk mengingatkan kita agar tidak lupa dengan Allah.

Gue pamit dulu ya...

Wassalam!

2 komentar: