Jumat, 10 Agustus 2012

Come and Go

Assalamu'alaikum...

Udah berapa bulan blog ini nganggur? Udah berapa lama blog ini gak di apdet? Entahlah, yang pasti... Sudah sangat lama.

Gue sampai lupa kalo gue punya blog...

Ngomong-ngomong, apa kabar semuah? Baik kan? Alhamdulillah, gue baik. Sangat baik. Gue bener-bener merasa bersalah dan menyesal. Gue yang selalu ngomel-ngomel kalo ada orang yang punya blog gak ada isinya, cuma numpang di bio twitter. Gue merasa, semua ini sesuatu banget. Gue merasa gak bisa mempertanggung-jawabkan omongan gue. Gue merasa... Gagal menjadi seorang blogger.

*dan genting pun berguguran*

Banyak hal yang terjadi selama gue gak ngeblog. Banyak 'sesuatu yang baru' yang gue alami. Banyak orang-orang baru yang datang, dan banyak orang-orang yang pergi tanpa bisa gue cegah.

Sebelumnya, gue mau minta maaf ya. Karena ini udah masuk bulan Ramadhan. Dan... Sekali lagi gue merasa gagal, karena seminggu lagi lebaran dan gue baru sempat minta maaf. Too bad :(

Ini udah nyaris 1 bulan masuk tahun ajaran baru. Dan, alhamdulillah gue naik kelas dengan nilai yang not-too-bad lah, walaupun gue belom bisa rangking 1 di kelas maupun di sekolah, seenggaknya gue bisa mempertahankan peringkat gue. Peringkat 2 di kelas, peringkat 3 di sekolah.

Dan gue sangat teramat bersyukur :)

Selain itu, gue juga sangat bersyukur karena banyak pelajaran yang bisa gue dapat. Dan... Mungkin itu bakal mendekatkan gue ke sebuah perubahan. Perubahan menuju dewasa. 

Kenapa gue sebut, 'pelajaran'

Ada satu hal *atau mungkin lebih pantas di sebut peristiwa atau unforgettable moment?* yang terjadi di akhir tahun ajaran pas gue berada di kelas 7. Dan dari hal itu, gue dapat banyak pelajaran.

Penghianatan. Dendam. Kekesalan. Kekecewaan. Penyesalan.

Yap. Penghianatan seorang sahabat. Sebenarnya, ada satu draft yang udah gue siapkan dari beberapa minggu lalu. Tentang 'masalah' yang gue hadapi ini. Tapi belum sempat gue selesaikan. *penyakit lama, malas*

Oke, sepertinya gue gak bakal bahas sekarang. Terlalu rumit :) Kita kembali ke topik awal...

Kelas 8 kali ini... Gue agak kecewa. Karena, sekolah gue melakukan sistem acak sesuai peringkat. Yah, ada baik dan buruknya sih. Baiknya... gue tau maksud sekolah pakai sistem ini biar kekuatan antar kelas seimbang. Seimbang dalam arti kekuatan otaknya, gituh-___-

Tapi gue kurang suka--terlebih gue orang yang introver--karena harus berbaur dengan orang baru. Orang yang selama ini cuma gue tau namanya. Orang yang selama ini cuma bisa gue dengar ceritanya dari orang lain. Bahkan, dengan orang yang selama ini gak pernah gue lihat di sekolah--atau memang gue yang gak memperhatikan.

Gue masuk 83. Awalnya gue amat-sangat kecewa. Terlebih lagi teman gue di 71 yang masuk ke 83 cuma 2 orang. 3 ditambah gue. Sekali lagi, gue orangnya susah berbaur... Jadi gak punya banyak teman. Jadi, gue bingung banget, mau ngapain dan sama siapa.

Hari pertama, gue cuma baca novel di kelas. Gue gak tau mau ngobrol apa sama teman sebangku gue yang kebetulan dulu sekelas MOS sama gue. Dan hari pertama juga gue diledekin sama anak-anak cowok gara-gara gak ngomong sama sekali. Gue dikatain 'anak alim' yang kerjaannya cuma bacaaa... melulu. Awalnya, gue diem aja, karena gue tau, mereka bakal tambah senang kalo berhasil mengganggu gue.

Tapi, lama kelamaan gue kesel juga. Jelas, mereka sama sekali gak mikir kalo gue gak pengin di ganggu! Mereka niruin gaya gue kalo lagi baca--sedikit nunduk--sambil nyenggol-nyenggol lengan gue! Karena gue gak tahan, gue pun nengok ke arah 'si enemy' yang ganggu gue itu dengan tatapan yang sangat-amat dingin. Emang kalo gue udah kesel banget, gue bisa jadi orang jahat :)

Seketika itu juga, anak-anak cowok yang lagi asik ketawa, DIAM! Gue sempat natap anak-cowok-si-enemy ini lama. Lama banget sampai akhirnya dia buang muka duluan. Tatapan gue ini, tatapan yang dingin, campur mengejek. Biasanya, kalo gue natap temen cewek gue begitu, gue langsung di cekek dengan alasan gue menyebalkan kalo lagi begitu! My point!

Semenjak itu gak ada lagi yang berani ganggu gue. Tentram-damai-dan-sejahtera. Walaupun gue masih merasa kayak orang bodoh, tapi dengan gak diganggu, gue cukup tenang. Sekarang mereka lebih senang isengin temen sebangku gue. Dan isenginnya itu kebangetan. Dengan cara... menutup kepala si cewek dengan ember, lalu dengan sekuat tenaga mereka menepuk-nepuk bagian bawah ember itu! 

Gue ngeliatnya bener-bener was-was. Takut kalo gue yang bakal jadi sasaran. Tapi... sejauh ini belum ada ember yang nyasar di kepala gue. Hahaha...

Selain ada sistem acak sesuai peringkat tersebut, yang lebih menyedihkan lagi adalah... Adanya mutasi guru! Ini yang paling gue benci :( 

Dulu, wali kelas gue di 71 itu Bu Asna yang juga guru IPS. Nah, gue padahal udah seneng... Banget pas nyatet jadwal kalo IPS gue diajarin Bu Asna. Seenggaknya Bu Asna guru yang paling gue kenal dan paling dekat. Tapi... Semua berubah saat negara apa menyerang ada mutasi guru. Bu Asna dipindah tugaskan ke SMP RSBI 49. Gue bener-bener kesel. Dan... Terlebih lagi, baru-baru ini gue denger kalo guru Seni Budaya gue yang baiknya super bakal dimutasi... JUGA! 

Beberapa hari yang lalu pas pelajaran Seni Budaya, guru gue yang bernama Bu Siti udah cerita, kalo sebenarnya dia juga keberatan sama pemindah-tugasan ini. Selain udah nyaman di sekolah gue, dan dekat dari rumahnya. Gua gak bisa ngebayangin, kalo kelas 8 gue diajarin sama guru gue yang super-galak yang waktu itu ngajar gue di kelas 7. GAK AKAN!!!

Dan, Bu Siti juga udah pamit sama gue dan teman-teman sekelas gue. Dia akhir pertemuan, Bu Siti dan anak-anak kelas gue salam-salaman. Gue sempat dengar kalo Bu Siti udah nolak tawaran mutasi itu. Jadinya Bu Siti 1 tahun lagi di sekolah gue. Dan gue menganggap, "Mungkin salam-salaman karena mau lebaran."

Tapi... Semua keyakinan itu surut pas buku karangan gue dibalikin ke gue. Itu bener-bener bikin shock. Oke, buku karangan itu punya temen gue yang waktu itu di pinjem sama Bu Siti. Tapi... Apa itu awal dari sebuah perpisahan?

Entahlah, yang pasti, sekarang gue bingung sekaligus kecewa merangkap kesal dan sedih.___.

Pas awal-awal masuk, gue sempat ketemu Bu Asna. Gue pun nanya ke Bu Asna, "Bu, emangnya Ibu mau pindah ya? Ke SMP 49?"

Bu Asna cuma ketawa, giginya yang dipagarin (baca: behel) keliatan. Setelah itu, dia menutup mulutnya, masih ketawa. Gue heran.

"Emangnya, kenapa?" tanya Bu Asna, masih sambil ketawa, walaupun pelan.

"Yah..." Gue cuma bisa ngerespon itu. Gak tau mau jawab apa.

"Kalau kita mau maju, kita harus mau pindah ke tempat yang lebih baik." setelah ngomong begitu, Bu Asna senyum, lalu pergi. Dan gue baru sadar, kalo itu pertemuan terakhir gue sebelum Bu Asna benar-benar gak kelihatan di sekolah lagi.

Dan, sampai sekarang gue terus ingat sama kata-kata terakhir Bu Asna itu. Kalau kita mau maju, kita harus mau pindah ke tempat yang lebih baik. Gue setuju. Walaupun kita gak suka, mau atau tidak kita tetap pindah. Harus. Kapan pun itu. Karena semua udah diatur sama yang di atas. Bagaimana pun kita menghindar, pasti ada suatu cara yang sudah disiapkan, sehingga kita tetap pindah. Mungkin, bagi kita itu bukanlah tempat yang baik. Tapi... Bagi Allah? Mungkin itu yang terbaik. Dan mungkin dengan cara itu juga kita bisa maju. Dan itu juga yang bikin gue semakin lama, mulai rela pisah sama 71.

Oh ya, Nabi Muhammad juga hijrah dari Mekkah ke Madinah kan? Jadi, bagi siapa pun yang mau maju, lupakan masa lalu. Tataplah masa depan. Move on! Berhijrahlah dari hati yang satu, ke hati yang lain. Dan menetaplah jika kalian sudah menemukan hati yang pas!

Dan ya... Gue cuma bisa berharap, semoga di kelas baru gue bisa banyak belajar. Dan berubah, untuk jadi orang yang lebih baik. Dan ini juga yang gue maksud, banyak orang-orang baru yang datang, dan banyak orang-orang yang pergi tanpa bisa gue cegah. Tapi... Tanpa sebuah perpisahan, mana mungkin ada pertemuan, kan?



Wassalam dan Selamat malam!  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar