Kamis, 16 Februari 2012

Keracunan...

Assalamu'alaikum!!!

Hari kamis. Sekarang jadi hari yang paling aku keselin. Pertama, tadi pas pelajaran olahraga, lagi-lagi di suruh jadi kuli. Ngangkat-ngangkat batu-batulah... Aduh, kenapa sih menyebalkan gini? 

Aku baru tau, ternyata kerja bakti termasuk cabang olahraga. Dan, yang paling aku banggakan, selain ekskul radio, Karya Ilmiah Remaja, Karate, ada salah satu ekskul di sekolahku yang terbaru. Ekskul angkat batu.

Selain itu, aku juga keracunan. Lebih tepatnya, keracunan sayuran. Emang kedengarannya aneh banget ya, keracunan sama sayuran. Tapi ini beneran!

Jadi Ibuku masak gulai ayam dengan sayur kemumu. Tau sayur kemumu gak? Oke, aku yakin sedikit yang tau. Jadi kemumu yang bernama latin Colocasia Gigantea Cv adalah jenis keladi atau talas yang boleh dimakan daun dan batangnya. Biasanya di sajikan dalam bentuk gulai.

Nah, biasanya sih, Ibu gak pernah masak kemumu yang di jual di pasar. Takut kalo itu kemumu yang gak bagus. Tapi, karena udah lama gak masak itu, Ibuku beli deh.

Pulang sekolah, aku di suruh makan. Yaudah aku makan. Satu suap pertama sih enak-enak aja. Lah, pas suapan kedua, mulut aku kaku. Kaya di setrum gitu. Aku langsung minum, dan nyari sesuatu yang mungkin bisa membantu. Aku bilang ke Ibu. Tapi Ibu belum nyobain, karena kebetulan Ibu lagi puasa. Terus, aku bilang, "Mungkin karena kemumu kali Bu!" Nah, Ibu nyuruh aku nanya ke nenek aku. Nenek cuma nanya, "Gatel ya?" Terus aku jawab "Iya." Dan gak ada tanggapan lain.

Aku nyoba minum propolis, obat paling gak enak yang pernah aku minum. Tapi cuma menghilangkan sedikit sakitnya. Terus, aku coba kumur-kumur pake obat kumur betadin. Alhamdulillah, sakitnya lumayan hilang. Karena gak tahan, aku coba buat tidur.

Aku cuma bisa meringis. Belum sembuh penyakit yang satu, timbul lagi yang lain. Tapi aku tetap optimis, pasti penyakit ini akan hilang dengan sendirinya.

Setelah bangun tidur, aku langsung minta di bikinin telur goreng. Karena aku sangat-amat lapar. Secara, tadi aku gak bawa bekal ke sekolah. Dan belum makan siang-_-

Setelah makan, aku nyari-nyari mineral. Ada yang tau? Duh, gak usah di jelasin. Udah malam. Jadi, cairan mineral ini berfungsi untuk menghilangkan penyakit. Dan, rasanya sungguh-sangat-amat-tidak-enak. Mineral ini sejenis sama Propolis! Begitu juga rasanya!

Alhamdulillah, setelah kumur-kumur + minum air mineral, aku udah mulai pulih. Mulut aku udah kembali seperti biasa. Aaaa....!!! Rasanya mau teriak bersyukur!!!

Dan, setelah buka puasa, Ibuku nyobain kumumu tersebut. Dan apa yang terjadi?

Ibu merasakan sakit yang aku rasakan!!! Aku cepet-cepet suruh Ibu minum dan kumur-kumur pake air panas di campur air mineral. Dan alhamdulillah... sekarang sakitnya udah mereda.

Ibuku sama aku sekarang kapok makan kemumu. Untuk melihat ayam yang tadi di campur kemumu aja, rasanya mau muntah.

Pelajaran hari ini: Jangan pernah membeli sesuatu di sembarang tempat!!!

Wassalam

3 komentar:

  1. Aku belum pernah makan kemumu!!
    Bentuknya itu gimana?? #Penasaran

    BalasHapus
  2. Bentuknya kayak jamur gitu kalo udah di masak. Tapi, kalo belum di masak dia keras. Kalo kemumu yang bagus dan biasa di makan, dia gak akan bikin sakit. Mungkin kemumu yang aku makan itu kemumu yang gak pernah di makan...

    BalasHapus
  3. Mungkin bukan Kemumu nkali.
    Kalo pun ia, batang Kemumu yang sudah di kupas dan dipotong-potong itukan harus dirndam dalam air garam dan diremas-remas.

    BalasHapus